Wanita Wajib Baca!!!! Penyebab dan Gejala Kanker Rahim Yang Perlu Diketahui Oleh Anda Para Wanita

Rahim adalah organ reproduksi wanita. Dibagian inilah janin akan tumbuh dan berkembang dimasa kehamilan. Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ ini adalah kanker rahim. Kanker yang jarang terjadi ini diakibatkan oleh tumbuhnya penyakit berbahaya pada lapisan rahim, yaitu edometrium. Oleh karena itulah kanker ini juga sering disebut dengan kanker endometrium. Terkadang, kanker servik juga sering disebut dengan kanker rahim, karena servik merupakan bagian dari rahim. Lalu apa saja yang menjadi penyebab dan gejala kanker rahim? Simak ulasan berikut!

Faktor Penyebab

Sama halnya dengan kebanyakan jenis kanker lainnya, faktor penyebab pasti dari kanker rahim juga belum diketahui secara pasti. Kanker rahim biasanya menyerang wanita yang telah berusia lanjut. Hanya sedikit penderitanya yang berusia 40 tahun kebawah. Penyakit ini juga cenderung terjadi pada mereka yang pernah menggunakan Dietylstilbestrol (DES) selama masa kehamilan atau yang ibunya dulu menggunakannya. DES merupakan bentuk sintetis dari hormon estrogen yang berfungsi untuk mencegah keguguran, kelahiran premature, dan komplikasi pada saat kehamilan. Namun hasil penelitian menunjukan bahwa DES dapat memberikan dampak penyakit serius pada wanita, salah satunya resiko kanker rahim. Selain itu wanita yang pernah menjalani HRT (Hormone Replacement Therapy) juga lebih beresiko untuk terserang penyakit ini.

Gejala Kanker Rahim

Walaupun kanker rahim sangat jarang terjadi, namun penyakit ini mungkin bisa menyerang setiap wanita. Oleh karena itulah sepatutnya anda mengetahui beberapa gejala yang biasa terjadi pada mereka yang mengalami penyakit ini. Bentuk-bentuk dari pra-kanker dari kanker rahim mungkin ada selama beberapa tahun sebelumnya, kemudian berkembang menjadi ganas dan menyebabkan kanker. Biasanya gejala awal dari kanker rahim tidak begitu dapat dirasakan oleh penderita. Penderita baru akan merasakan gejala fisik setelah kanker ini berubah ke stadium lanjut. Berikut beberapa gejala-gejala kanker rahim yang biasa dirasakan oleh penderitanya:
-    Pendarahan yang tidak normal setelah melakuan hubungan intim
-    Menstruasi yang deras dan lama
-    Pendarahan pasaca monopouse
-    Kram pada perut bagian bawah
-    Perut bagian bawah terasa tertekan
-    Sering buang air kecil yang diakibatkan oleh tekanan tumor pada kandung kemih

Setelah anda mengetahui penyebab dan gejala kanker rahim maka, jika anda mengalami perubahan pada pola menstruasi atau mengalami pendarahan pada organ intim pasca monopause maka segeralah konsultasikan kondisi anda kepada dokter.

Pengobatan yang Dilakukan

Bila dokter menganggap bahwa ada yang tidak beres pada rahim anda, maka dokter akan melakukan tindakan dilatasi dan kuret untuk mengetahui ada atau tidaknya penyakit berbahaya didalam rahim anda. Jika lapisan rahim anda terbukti memiliki sel kanker, maka dokter akan menyarankan untuk melakukan histerektomi dengan mengangkat ovarium, tuba falopi dan juga rahim anda. Metode ini biasanya dikombinasikan dengan radioterapi selama empat atau enam minggu. Jika pertumbuhan sel kanker sudah sangat parah, histerektomi total akan dilakukan. Pengangkatan bagian atas “miss V” dan juga kelenjar pelvis juga akan dilakukan.

Tingkat kesembuhan kanker rahim bisa mencapai 90% jika kanker tersebut hanya menyerang bagian lapisan rahim. Jika sel-sel kanker telah menyebar sampai keluar lapisan dan otot-otot rahim, maka setelah lima tahun tingkat kesembuhan hanya mencapai 40% saja.

0 komentar:

Posting Komentar