Waspada Kanker Payudara, Periksa Payudara Sendiri (SADARI) untuk Mendeteksi Kanker Payudara Sedari Dini

Kanker payudara merupakan kanker yang sel-selnya tumbuh di jaringan payudara. Kanker ini merupakan jenis kanker paling umum yang diderita oleh kaum perempuan. Namun, pada dasarnya laki-laki juga dapat terserang penyakit kanker payudara, hanya saja kemungkinannya sangat kecil  dan merupakan penyakit yang langka pada laki-laki.

Gejala-Gejala yang Biasa Terjadi Pada Kanker Payudara

Sebagian besar perempuan menemukan kanker payudara dengan cara meraba bagian payudaranya untuk mengetahui apakah terdapat benjolan atau tidak. Biasanya benjolan ini datangnya secara tiba-tiba dan tidak menunjukkan gejala apapun. Walaupun pada dasarnya benjolan di bagian payudara bukan berarti kanker, namun anda harus tetap berkonsultasi kepada dokter jika menemukan benjolan apada payudara anda. Karena sangat sulit bagi wanita membedakan mana benjolan yang biasa dengan benjolan kanker.

Berikut ini beberapa gejala yang dapat menunjukkan akan adanya nya kanker pada payudara anda:

Gejala Pada Bagian Puting

Jika benjolan atau tumor tumbuh di dekat puting maka dapat membuat puting tertarik kedalam. Jika puting anda memang telah tertarik kedalam sejak masa pubertas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Anda dapat menarikya ke bagian luar. Namun, jika puting anda baru saja tertarik ke dalam dan sangat sulit untuk ditarik kembali keluar, maka anda dapat curiga akan adanya kanker.

Kadang kanker payudara juga dapat menyebabkan keluarnya darah atau cairan yang berwarna kecoklatan atau cairan seperti darah dari puting anda. Kebanyakan cairan ini disebabkan adanya tumor seperti kista. Jika anda menemukan cairan seperti ini pada bagian puting anda maka anda harus segera menghubungi dokter.

Gejala Pada Kulit

Gejala kanker payudara berikutnya adalah kadang anda menemukan kulit di sekitar benjolan terlihat menempel pada benjolan tersebut pada saat anda melakukan gerakkan lengan. Penumpukan cairan pada jaringan kulit dapat membuat kulit tampak seperti berlipat-lipat.

Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Pemeriksaan payudara sendiri dapat membantu anda untuk lebih mengetahui kondisi normal yang ada pada tubuh anda. Dengan melakukan pemerikssaan ini secara rutin maka anda akan dapat segera mengetahui jika ada perubahan yang terjadi pada bagian payudara anda. Selain itu pemeriksaan ini juga dapat menbantu anda untuk mendekteksi kemungkinan adanya penyakit kanker payudara. Pemeriksaan payudara sebaiknya dilakukan secara rutin setiap bulan diakhir masa haid dimana payudara dalam keadaan lebih lunak.

Lalu apa saja yang dapat anda lakukan untuk memeriksa keadaan payudara anda? Berikut ini langkah-langkah deteksi dini kanker payudara yang dapat anda lakukan:
  • Buka baju anda hingga sepinggang, lalu berdiri tegak di depan cermin dengan tangan santai disisi tubuh anda. Lihatlah apa ada pembengkakan atau perubahan bentuk, ukuran dan kesimetrisan pada payudara anda. Perlu anda ketahui jika beberapa wanita memiliki bentuk payudara yang satu lebih menonjol dari bagian yang lain.
  • Angkat kedua tangan ke atas lalu tekuk  kebelakang kepala. Periksalah apakah terdapat perubahan. Dorong bagian siku tangan ke bagian depan, lalu cermati lagi apakah terdapat perubahan lalu dorong kembali siku ke bagian belakang.  Cermati dengan seksama bentuk ataupun uuran payudara anda.
  • Sekarang letakkan tangan anda di bagian pinggang, condongkan bahu anda ke depan sehingga payudara anda menggantung, cermati bagian payudara anda, kemudian dorong siku anda ke depan, cermati kembali apakah ada perubahan di bagian payudara anda.
  • Angkat tangan kiri anda, kemudian tekuk siku dengan bagian jari memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari bagian kanan periksalah bagian payudara kiri anda dengan cara meraba dan menekan sisi-sisi payudara anda. Lakukanlah gerakan memutar, atas bawah dan gerakan lurus dari arah tepi kebagian puting dan sebaliknya. Cermati juga area ketiak anda. Lakukan hal yang sama pada payudara bagian kanan anda. Cermati dengan seksama apakah ada gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas.
  • Cermatilah bagian puting anda. Cobalah untuk mencubit kedua bagian puting anda dan cermati apakah ada cairan atau darah yang keluar. Segeralah konsultasi ke dokter jika hal itu terjadi.
  • Pemeriksaan selanjutnya dilakukan dengan cara berbaring. Latakkan bantal dibawah pundak anda lalu letakkan satu tangan dibagian kepala. Gunakan ujung jari tangan yang lain untuk memeriksa payudara anda. Lakukan gerakkan seperti langkah sebelumnya. Rasakan apakah ada benjolan atau penebalan pada payudara anda. Periksa juga bagian ketiak anda. Lakukan hal yang sama pada bagian payudara  yang sebelahnya.
Dengan melakukan pemeriksaan sendiri pada payudara anda maka anda dapat mendeteksi dini kanker payudara sehingga jika hal itu terjadi, maka tingkat kesembuhan yang bisa didapat akan lebih tinggi.
Baca juga: Kanker Payudara - Kenali Penyebab dan Pencegahannya

0 komentar:

Posting Komentar