8 Cara Mencegah Kanker Sejak Dini, Sayangi Tubuhmu... Sayangi Nyawamu...

Kanker memang merupakan penyakit yang sangat menakutkan. Kebanyakan penderita kanker baru mengetahui jika dia sedang menderita penyakit ini ketika telah berada di stadium lanjut. Hal ini disebabkan karena di masa stadium dini kanker tumbuh dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala atau keluhan apapun kepada penderitanya. Gejala kanker baru muncul ketika telah masuk ke tahap lanjut.


Kanker bisa tumbuh berkembang disetiap jaringan organ tubuh. Sel abnormal ini dapat tumbuh dan berkembang di sel kulit, sel hati, sel darah, sel lambung, sel otak dan lain sebagainya. Sejalan dengan pertumbuhannya, sel kanker ini membentuk massa dari jaringan ganas yang masuk ke jaringan di dekatnya dan bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Pada umumnya pencegahan kanker dapat dilakukan. Mengurangi paparan terhadap karsinogen merupakan hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi resiko kanker. Paparan karsinogen bisa datang dari banyak hal, salah satunya adalah sinar UV matahari yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita mengetahui apa saja cara yang dapat kita lakukan agar kita dapat mencegah kanker sejak dini.

Apa Saja Yang Dapat Kita Lakukan Untuk Mencegah Kanker Sedari Dini?

Untuk mencegah atau mengurangi resiko kanker yang mungkim dapat menyerang kita maka ada beberapa cara yang harus kita lakukan, dan sebisa mungkin hal ini harus kita jadikan kebiasaan sehari-hari.

Berikut 8 cara mencegah kanker sejak dini:

Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Konsumsilah berbagai jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan dan serat. Makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu tubuh menghindari efek dari radikal bebas, dimana radikal bebas ini mampu merusak sel-sel sehat dalam tubuh kita. Makanan yang mengandung serat alami dari sayur-sayuran dan buah-buahan juga sangat baik untuk tubuh, jenis makanan ini akan membantu melancarkan pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus besar.

Kurangi asupan lemak

Lemak memang diperlukan oleh tubuh. Namun mengkonsumsi lemak secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Kurangilah konsumsi lemak anda dari 40% menjadi 30%.

Kurangi mengkonsumsi jenis makanan yang diawetkan

Kurangilah mengkonsumsi berbagai jenis yang diawetkan seperti makanan yang di asinkan, diasamkan ataupun diasap. Kurangi juga berbagai jenis makanan instan yang banyak diberedar dipasaran, karena jenis makanan tersebut rata-rata mengandung bahan pengawet.

Hentikan kebiasaan merokok

Seperti yang kita ketahui jika didalam rokok terdapat banyak sekali racun yang dapat merusak tubuh. Racun ini bukan hanya dapat merusak tubuh sang perokok aktif namun juga mereka yang perokok pasif. Mereka yang telah merokok lebih dari 20 tahun atau mereka yang memiliki kebiasaan merokok sejak muda memiliki resiko terserang kanker mulut jauh lebih besar dari mereka yang tidak merokok. Selain itu merokok juga dapat meningkatkan resiko kanker paru dan jenis kanker lainnya.

Hindari minuman beralkohol.

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan resiko kanker dalam tubuh, salah satunya kanker mulut.

Lakukan olahraga secara teratur

Cara mencegah kanker sejak dini berikutnya adalah dengan menerapkan kebiasaan berolahraga. Lakukanlah olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu. Olahraga selama 30 menit sudah dapat membantu tubuh menjaga kebugaran dan kesehatan.

Menjauhkan diri dari obesitas

Sebisa mungkin jagalah berat badan ideal anda, karena kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan resiko terserang berbagai macam penyakit, salah satunya kanker.

Lakukan tes penapisan atau screening 

Tes screening dimaksudkan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kanker dalan tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko kematian yang dapat disebabkan oleh penyakit ini. Jika kanker ditemukan sedari dini, dimana sel kanker belum menyebar terlalu jauh, maka kanker dapat diobati secara optimal.

0 komentar:

Posting Komentar