Waspada Terhadap Kanker Yang Makin Meluas di Indonesia – Inilah Beberapa Faktor Penyebab Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

Kanker merupakan suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian normalnya sehingga mengalami pertumbuhan yang abnormal. Penyakit ini merupakan momok yang menakutkan bagi setiap orang karena datangnya secara tiba-tiba dan tanpa disadari. Banyak kasus kanker yang penderitanya baru menyadari jika dia telah mengidap kanker pada stadium lanjut. Hal ini disebabkan karena gejala awal dari kanker tidak dapat dirasakan oleh si penderita.

Memang pada beberapa jenis kanker belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab terjadinya ketidaknormalan tersebut, namun pada beberapa jenis kanker lainnya telah diketahui apa penyebab dari kanker tersebut. Oleh karena itu kita perlu mengetahui faktor apa saja yang “mungkin” dapat menjadi penyebab kanker sehingga resiko dari penyakit ini dapat berkurang:

•    Riwayat Keluarga

Memiliki keluarga dengan riwayat kanker dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit ini. Hal ini disebabkan karena kanker bisa dipengaruhi oleh kelainan genetika. Misalnya wanita yang ibunya menderita kanker payudara akan memiliki resiko dua hingga tiga kali lebih besar untuk terserang penyakit ini dibandingkan wanita yang tidak memiliki riwayat kanker dalam keluarganya. Gen yang dapat meningkatkan resiko kanker adalah BRCA1 dan BRCA2.

•    Kelainan Kromosom

Misalnya seseorang yang mengalami down syndrome, yang memiliki 3 buah kromosom 21, memiliki resiko 12-20 kali lebih tinggi untuk menderita leukemia akut.

•    Faktor Lingkungan

Salah satu kondisi lingkungan yang dapat meningkatkan resiko kanker adalah lingkungan keluarga dengan perokok di dalamnya. Perokok aktif ataupun pasif sama-sama memiliki resiko terserang kanker. Merokok dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker paru, kanker mulut, dan kandung kemih. Selain itu, faktor lain dari lingkungan yang dapat meningkatkan resiko kanker adalah: pemaparan yang berlebihan dari sinar UV, radiasi ionisasi yang digunakan dalam sinar X, pemaparan uranium kepada para penambang dan lain sebagainya.

•    Pola Makan

Terlalu sering makan makananan yang tidak sehat akan dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker. Misalnya seseorang yang terlalu sering makan makanan yang asam akan meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung. Sesorang yang makan terlalu banyak makanan yang berlemak maka akan meingkatkan resiko kanker usus, kanker payudara dan kanker prostat.

•    Kebiasaan buruk

Merokok, mengkonsumsi alkohol dan suka berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan intim, merupakan kebiasaan yang dapat menyebabkan terjadinya resiko kanker dalam diri anda. Merokok dan minum minuman beralkohol akan meningkatkan resiko kanker mulut, kanker kerongkongan dan kanker paru. Hal ini disebabkan karena rokok dan alkohol merupakan racun bagi sel-sel dalam tubuh. Selain itu suka berganti-ganti pasangan saat melakukan hubungan intim akan meningkatkan resiko kanker servik pada wanita, terutama mereka yang melakukan hubungan intim dalam usia dini.

•    Virus

Beberapa virus yang menyerang manusia dapat menyebabkan terjadinya kanker. Misalnya virus papilloma yang dapat menyebabkan kanker servik, virus hepatitis B dan C dapat menyebabkan kanker hati, dan lain sebagainya.

•    Infeksi

Beberapa infeksi yang disebabkan oleh parasit juga dapat menjadi penyebab kanker. Misalnya, infeksi oleh parasit schistosoma bisa menyebabkan kanker kandung kemih, infeksi oleh clonorchis dapat menyebabkan kanker pankreas dan saluran empedu.

•    Hormon

Hormon tertentu mungkin dapat menjadi penyebab terjadinya tumor. Menurut beberapa penelitian, pemberian hormon tertentu secara berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker pada organ yang dipengaruhinya.

•    Usia

Beberapa jenis kanker yang biasanya menyerang mereka yang telah berusia tua, misalnya kanker rahim pada wanita, dan kanker prostat pada pria. Namun, ini tidak berarti jika mereka yang berusia muda tidak beresiko mengidap kanker. Kanker bisa menyerang siapa saja, baik tua atau muda, bahkan bisa menyerang balita sekalipun. Misalnya kanker retinoblastoma, kanker mata yang menyerang retina ini bisanya terjadi pada balita.

Setelah mengetahui berbagai faktor penyebab kanker, sudah saatnya kita peduli pada diri kita dan orang lain agar resiko penyakit ganas ini bisa dikurangi. Ingatlah kanker dapat berubah menjadi ganas dan sewaktu-waktu bisa membunuh. Oleh karena itu kesadaran hidup sehat sangatlah penting.

0 komentar:

Posting Komentar